Anak Dan Media : Lebih Menarik Thomas And Friends Atau Bad Pigies?


Thomas and Friends atau Bad Pigies?
 

Subjek yang observer amati bernama levi. Ia seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dan sedang bersekolah pada tingkatan Taman Kanak-kanak B. ia sangat suka melihat film Thomas and friends dan memainkan game angry bird  edisi bad piggies. Film Thomas biasanya ditayangkan di GLOBAL tv dan tv kabel jadi observee kadang melihat di GLOBAL TV pukul 08.30 tapi lebih sering melihat di tv kabel java vision saluran jim jam. Menurut ia film Thomas menarik dibandingkan film kartun lainnya. Ia sangat menyukai hal yang berafiliasi kereta selain itu menurut dia program yan dilakukan oleh Thomas dan teman-temannya itu banyak mulai dari membawa kayu, buku, dan lain-lain jadi tidak hanya berisi penumpang ibarat kereta beneran. Selain melihat film Thomas ia juga sangat senang bermain game angry bird yang bad piggies lantaran menurut dia itu apabila babinya jatuh itu lucu selain itu ia suka merangkai alatnya dengan aneka macam macam biar babinya itu jatuh. Ia biasa memainkan angry bird itu di handphone mamanya.


Data umum
Jenis : film kartun
Judul: Thomas and friends
Durasi : 5-9 menit(tergantung dari seri ceritanya)
Jenis : game
Judul : Bad pigies
tahun 2012
Penyampaian content
Film berseri kartun
Permainan
content
Bercerita mengenai keluarga dan sahabat Thomas. Dimana mereka tinggal bersama. Disetiap seri film tersebut menceritakan bagaimana setiap gerbong bisa menjalankan tugasnya untuk mengantarkan barang.
Permaninan ini merupakan suatu permainan dimana kita diminta untuk menciptakan perangkat atau alat transportasi biar babi tersebut sanggup berjalan dan terbang menuju telur. Untuk mempbuat perangkatnya game tersebut sudah membatasi macam perangkat di setiap levelnya.
Tujuan/ materi yang ingin disampaikan/pelajaran yang bisa diambil
Dari film tersebut kita sanggup melihat adanya kasih sayang dan saling membantu antara gerbong satu dengan yang lain.
Adanya kreativitas dari pemain game tersebut untuk sanggup memecahkan model perangkat ibarat apa biar babi tersebut sanggup jalan dan terbang menuju telur dan garis finish.
Sasaran pembaca/penonton
Film ini ditujukan untuk balita dan belum cukup umur namun lebih dikhususkan untuk balita lantaran penggambaran dari film tersebut cocok untuk balita misalnya gerbong yang berwarna-warni, mimic wajah dari setiap gerbong yang lucu-lucu, dan lagu yang menarik untuk anak-anak.
Permainan ini sanggup dimainkan oleh semua kalangan lantaran melalui games ini kita sanggup mengasah kreativitas kita.
Pengemasan media (kelebihan dan kekurangan
Kelebihannya : banyak nya warna yang sanggup menarik penonton. Selain itu ceritanya praktis difahami dan sanggup di modeling. Cerita dari Thomas and friends ini lebih menonjolkan sisi positifnya tidak ada sara untuk balita.

Kekurangannya: terkadang dongeng Thomas ditampilkan dalam bentuk bahasa inggris sehingga tidak semua balita mengerti apa yang sedang mereka bicarakan.
Kelebihan: lisan lucu yang sanggup menarik anak untuk memainkan yaitu ketika lisan lucu dihadirkan oleh babi ketika ia berhasil maupun Kekurangannya: tidak ada pembelajaran lain yang sanggup diambil dari perainan tersebut. Permainan itu hanya mengasah kreativitas.
Teori yang relevan
·         Teori  Jean Piaget (tahap praoperasional )
Tahap ini merupakan tahap keuda dari teori Piaget dimana pada tahapan ini anak mulai melukiskan dunia dengan kata-kata dan gambar. Mulai munculnya pemikiran egocentris, animisme, dan intuitif.

·         Motorik halus adalah, gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk berguru dan berlatih.
 
  • Analisis

Film Thomas and friends menceritakan mengenai adanya suatu ikatan pertemanan dan persaudaraan antara gerbong-gerbong kereta api. Didalam film ini penonton juga diajarkan bagaimana kereta-kereta tersebut menjalin persaudaraan dengan penuh kasih sayang dan saling membantu. Mereka juga merampungkan semua kiprah yang diberikan walaupun terdapat halangan. Jadi kereta tersebut menampilkan bagaimana usaha yang mereka lakukan ketika terdapat halangan.  Film Thomas ini cocok untuk balita lantaran pelajaran-pelajaran yang diberikan pada film tersebut simple dan sanggup dimodeling oleh balita. Levi sangat menyukai film Thomas lantaran ia berpendapat bahwa Thomas dan teman-temannya baik dan saling membantu. Menurut ia film itu anggun lantaran kereta api tersebut mempunyai warna-warna yang berbeda. Usia Levi yang masih 5 tahun cocok melihat film tersebut, didalam film tersebut ia sanggup berguru
menghafal nama dan warna setiap masing-masing kereta api. Ia juga sanggup berguru dari film tersebut bagaimana yang harus dilakukan bersama teman-temannya, ibarat yang disampaikan dari film Thomas ia sanggup menciptakan rasa kasih saying dan membantu pada teman.
Yang kedua permainan bad pigies, permainan ini menuntut kreativitas yang lebih untuk sanggup menciptakan suatu perangkat transportasi biar babi tersebut sanggup mengambil telur dan hingga di finish. Permainan ini sanggup dimainkan oleh semua kalangan lantaran melalui permainan ini mereka sanggup mengasah kreativitas. Permainan ini juga mengajarkan persoalan solving dimana kita di tuntut untuk berpikir bagaimana solusinya biar babi tersebut bisa hingga finis tanpa jatuh. Levi sangat suka memainkan permainan ini lantaran menurut ia babi tersebut mempunyai lisan yang lucu. Selain itu ia juga berpendapat bahwa memainkan bad pigies itu seru lantaran apabila tidak sanggup menyusun perangkat dengan sempurna babinya jatuh dan tidak hingga finish.
  • My opinion
Dari kedua media tersebut mempunyai kiprah dan tujuan yang berbeda. Apabila diminta untuk memilih saya lebih memilih untuk melihat film Thomas ands friends lantaran dari situ kita sanggup memetik pelajaran yang sanggup di modeling oleh anak. Sehingga saya infokan untuk orang kedaluwarsa tanah Thomas ands friends ialah tayangan kartun yang mendidik dan tidak mengandung sara. Untuk balita film ini cocok untuk ditonton lantaran sesuai dengan tujuan dan kelebihan-kelebihan dari film ini balita sanggup mengembangkan kemampuan pada tahapan praoperasional. Sedangkan medanak &ia yang game meskipun permainan tersebut mengasah kreativitas dan motorik halus balita saya kurang sepakat lantaran apabila bermain game seorang anak akan ketagihan dan akan terus bermain game. Apabila seorang anak sudah ketagihan dalam bermain game sanggup memunculkan banyak segi negative. dari kedua media tersebut pasti terdapat kekurangan dan kelebihan. Meskipun terdapat banyak kelebihan namun orang kedaluwarsa tanah harus tetap mengawasi buah hati ketika bermain game dan menonton film. Ketika seorang anak menonton film sesekali para orang kedaluwarsa tanah wajib untuk mendampingi dan memberi masukan nyata sesuai dengan dongeng yang disuguhkan misalnya nak, kamu itu apabila disuruh mama ya harus dilaksanakan dengan senang hati ibarat Thomas, dia ketika disuruh untuk mengantarkan buku kan senang. Sedangkan ketika bermain game para orang kedaluwarsa tanah juga wajib membatasi seorang anak dalam bermain biar tidak ketagihan meskipun game tersebut sanggup melatih kreativitas anak.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel